Anak Yang Kukasihi

Anak Yang Kukasihi
Obamaputralaris

Monday, June 05, 2006

Loper Koran Perlu Diberdayakan

Para loper koran, majalah, dan tabloid, kini boleh berbangga hati. Keberadaan mereka saat ini ditaungi secara resmi oleh sebuah yayasan yang menamakan dirinya Yayasan Loper Indonesia (YLI). Yayasan ini secara khusus bergerak mengemban misi kesejahteraan, pembinaan, dan pemberdayaan para loper.

Menurut ketua penyelenggara Loper's Day, Laris Naibaho, sebagai ujung tombak industri pers, keberadaan loper ini seringkali termarjinalkan. Karena itu, YLI bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para loper. Termasuk mengupayakan adanya jaminan bagi penghidupan para loper di bidang kesehatan, pendidikan. YLI juga akan melakukan pembinaan, dan pemberdayaan para loper koran sehingga bisa meningkatkan taraf hidupnya di masa yang akan datang.

Selain mengupayakan peningkatan kesejahteraan para loper, program jangka pendek YLI adalah berupaya meregistrasi sekitar lima ribu loper se-Jabodetabek. Data ini akan disusun untuk membuat database loper sehingga bisa mulai dikutsertakan dalam program asuransi. Pendeklarasian Yayasan Loper Indonesia akan dilakukan berbarengan dengan puncak perayaan Loper's Day, Jumat mendatang (11/3).

Selain perayaan Loper's Day, pendeklarasian YLI, juga akan diluncurkan situs khusus para loper di www.loper.or.id. Situs ini akan berisi informasi tentang para loper, dan juga berita. Para loper, dan masyarakat umum bisa mengakses informasi dari situs ini.

Sumber : Republika, 8 Maret 2005

No comments: