Anak Yang Kukasihi

Anak Yang Kukasihi
Obamaputralaris

Monday, June 05, 2006

Dewa-Seurieus Konser untuk Loper


ANDIL mereka besar, tapi masih perlu banyak perhatian. Sebab, loper koran pun manusia! Itulah yang agaknya menyemangati Candil, vokalis band Seurieus asal kota Bandung, untuk tampil di Konser Akar Rumput Peduli Loper, Ahad (11/12) di Lapangan Galapuri, Ciledug, Kota Tangerang, Banten.

BAND papan atas, Dewa, ikut memeriahkan panggung hiburan tersebut. Selama empat jam dari pukul 14.00 WIB, di bawah cuaca yang sempat diguyur hujan, mereka menghibur sekitar 20 ribu penonton dengan masing-masing membawakan sepuluh lagu. Jika Seurieus menggebrak dengan lagu andalan berjudul Rocker Juga Manusia, kelompok Dewa pimpinan Ahmad Dhani juga antara lain mengumandangkan tembang hit-nya, Pangeran Cinta, dari album terbaru mereka, Laskar Cinta.

Konser diselenggagaran Yayasan Loper Indonesia (YLI) bekerjasama dengan sebuah perusahaan rokok. Acara itu bukan panggung yang khusus bagi para loper, tapi panitia menjual tiket masuk bagi para penonton dari kalangan umum. ''Konser ini bertujuan untuk penggalangan dana bagi ketersediaan biaya jaminan layanan kesehatan ratusan ribu loper yang tersebar di wilayah Jabodetabek,'' ungkap Ketua Umum YLI, Laris Naibaho. Konser peduli loper akan digelar di 33 kota di Indonesia. ''Keuntungan bersih dari penjualan tiket di setiap konser yang kami adakan akan disalurkan bagi pembayaran premi asuransi kesehatan para loper yang menjadi anggota YLI,'' ujar Laris .

Sejak berdiri pada Maret 2005, saat ini YLI telah berhasil membayarkan premi asuransi kesehatan bagi 1.000 anggota. Dananya diambil dari keutungan kegiatan-kegiatan yang dialaksanakan YLI selama setahun terakhir. Aji Purwoko, salah satu pendiri YLI, mengatakan, lewat kegiatan-kegitan semacam konser, masyarakat diharapkan mau peduli pada keberadaan loper. Sebab, berbeda dengan buruh atau karyawan suatu perusahaan, kerja loper tidak dilindungi undang-undang. ''Padahal profesi mereka cukup vital dalam penyebaran informasi media cetak dan meningkatkan minat baca masyarakat,'' katanya.

"Semoga anggota yang bisa kami jaminkan asuaransi kesehatannya dapat terus bertambah dari tahun ke tahun. Sehingga bagi loper yang sakit dan membutuhkan biaya yang cukup besar dapat terbantu," tutur Aji. Acara khusus bagi loper sendiri, menurut Aji, akan diadakan sekitar Maret 2006, bertajuk Loper's Day. "Acara ini bersifat fun gathering dan ingin mengundang Presiden SBY,'' katanya. ( c41 )

Sumber : Republika, 12 Desember 2005.

No comments: