Anak Yang Kukasihi

Anak Yang Kukasihi
Obamaputralaris

Monday, November 06, 2006


INDO POS
Rabu 18 Oktober 2006
Halaman 8

Secercah Semangat untuk Para Loper
JAKARTA-Peran loper Koran tak dapat lagi dinilai dengan sebelah mata. Fungsinya sebagai pengantar informasi dari penerbit kepada pem­bacanya memiliki arti yang sangat penting. Untuk itu, kesejahteraan para pengecer koran tersebut juga harus diperhatikan. Salah satunya dengan asuransi yang memadai.
Suti Santoso, salah seorang agen koran di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan, sudah sejak 1967 1a1u dirinya memasarkan koran ke seluruh Jakarta. "Risiko menjadi loper itu sangat tinggi, bukan hanya pekerjaannya yang berada dijalan raya, mereka juga rawan sakit;" ujar wanita sepuh ini.
Dia mengisahkan. pernah ada loper­nya yang kecelakaan. Si loper ber­nama Kasto itu pun mengalami gegar otak karena tertabrak sepeda motor saat keluar dari agen. "Mengenaskan sekali, waktu itu asuransi cuma Rp 1 juta. Itu pun nggak cukup," ungkap Suti. Tetapi, kini lain ceritanya, para loper sudah mendapatkan asuransi jiwa sebesar Rp 6 juta. "Itu mem­bantu sekali untuk kelancaran pe­kerjaan kami," ujarnya.
Nah, rutinitas yang sangat tinggi bagi para pengasong itu tentu saja menjadi keprihatinan bagi Sinarmas Group dan Eka Tjipta Foundation.
Mereka menggelar acara berbuka puasa bersama di Tennis Indoor, Se­nayan, dua hari lalu. Tak kurang dari seribu loper datang pada acara tersebut. "Semua bahagia, semua senang," kata Franky Wijaya, pemilik Sinarmas Group.
Acara yang merupakan rangkaian dari Kampanye Anti-Kemiskinan se­luruh dunia yang dimotori oleh Per­serikatan Bangsa-Bangsa itu berakhir hari itu pula. Sejumlah tokoh turut hadir pada even tersebut. Menteri Ko­munikasi dan lnformasi Sofyan Djalil dan Erna Witoelar juga menambah seru acara tersebut. Acara itu ditutup pembacaan ikrar. (vit)

No comments: