Anak Yang Kukasihi

Anak Yang Kukasihi
Obamaputralaris

Friday, September 14, 2007

Surat Terbuka Untuk Mary Gold

Surat Terbuka untuk Mary Gold

Menutup mata dan membiarkan kesulitan yang tampak di depan mata kita, apalagi yang sehari-hari melaksanakan fungsi penting dalam usaha yang kita geluti, tentulah tidak bijaksana.

Loper, jauh sebelum Susilo Bambang Yudhono (SBY) menaikkan 2 kali lipat harga BBM sudah berada pada posisi sulit, yang “ hidup segan, mati tunggu waktu….” Upah 300-500 sebelumnya sudah tidak mampu menghidupi keluarga, apalagilah saat ini…

Hati ingin berteriak. Tapi berteriak kepada siapa? Penerbit? Ah, penerbit pun sebagian besar berada pada posisi sulit. Bahkan untuk bisa bertahan dan tidak gulung tikar, mungkin sudah luar biasa. Sementara agen, seperti berada di atas puncak ombak, yang gamang…. Menaikkan upah loper agar bisa sedikit membantu loper, akan berpengaruh pada cash flow yang ujung-ujungnya adalah tertudanya pembayaran ke penerbit.

Sampai saat ini, tidak satu pun penerbit, (mungkin karena terlalu sibuk?—pen )yang sudi meriset, apa dan bagaimana kehidupan loper-agen, khususnya agen langganan masih bisa bertahan. Padahal, lembaga yang namanya loper dan agen perlulah tetap eksis, sehingga rencana penerbit dan pemerintah untuk meningkatkan minat baca bisa tercapai. Lalu dengan keadaan sekarang, masihkah ke depan agen bisa bertahan?

Mary Gold,

Keadaan yang memprihatinkan ini, semakin hari semakin menebal di mayoritas agen. Hasil yang diperoleh tidak sebanding dengan kian meningkatkan harga-harga dan tentu saja pengeluaran. Sementara untuk menambah penghasilan dengan menambah atau menaikkan oplah tentulah hal yang sangat sulit saat ini. Secara apriori saya bisa mengatakan, tak ada teori jitu yang dapat dipakai untuk menaikkan oplah saat ini. Kalau pun ada, celakanya, biaya untuk mendapat 1 langganan jauh lebih besar dari untuk yang diperoleh untuk satu tahun.

Mary Gold.

Bertolak dari kenyataan yang ada, saya ingin mengajak rakyat negeri ini untuk menurunkan SBY. Tapi ah, kecuali ini melanggar hukum, rasanya, saya tidak berkompeten untuk ini. Tapi, tentang loper, saya ingin mengajak anda untuk berbagi kesulitan dalam memerhatikan mereka dalam bentuk yang konkrit, sekecil apa pun itu. Mari ikutlah, supaya Jesus tersenyum dari tempat-Nya sana (lihat lampiran)

Jadi Mary Gold, 28 Agustus 2007 FS kembali FS grup menjual BeGuSaMisu kepada loper tercinta, sekedar memberi hiburan dan “ meringankan” dapur mereka. (hal yang seperti) sudah sering saya lakukan, dan yang terakhir adalah 31 Mei 2007 yang lalu). Saya berharap baik sebagai pribadi maupun isntitusi Bisnis Indonesia suka-cita menyambut program ini. Dan sekedar informasi, 28 Agustus 2007 adalah Ulang Tahun FS yang ke 35. Jadi sudah 35 tahun FS mengabdi dan tetap setia menjadi agen media cetak.

Terima kasih Mary Gold. Salam hangat saya untuk seluruh jajaran direksi, sirkulasi dan rekan-rekan lain di Bisnis Indonesia .

Salam hormat,

Laris Naibaho

No comments: