Anak Yang Kukasihi

Anak Yang Kukasihi
Obamaputralaris

Monday, October 16, 2006

Bangkit Melawan Kemiskinan

Bangkit Melawan Kemiskinan

Kita disini dengan bangga bangkit sebagai bagian dari sebuah generasi yang ingin menghapus kemiskinan, tantangan terbesar dunia saat ini.

Kita sekarang bangkit karena tidak ingin, beberapa tahun dari sekarang, berhadapan dengan generasi penerus, dan mengatakan “kita tahu bahwa ada jutaan orang yang meninggal sia-sia tiap tahun-tetapi kita hanya diam, tidak melakukan apa-apa”.

Kita tidak bisa berdiam diri ketika seorang anak lahir disuatu Negara berkembang harus meninggal 30 tahun lebih cepat dibanding seorang anak yang lahir di Negara maju. Inilah saatnya untuk mengakhiri semua tragedi.

Kita bangkit bukan untuk meminta sumbangan tapi untuk menuntut keadilan-karena kita tahu bahwa atas nama rakyatnya, para pemimpin dunia telah berjanji untuk mengakhiri kemiskinan-janji tersebut adalah tujuan pembangunan milenium atau MDGs. Yang kita butuhkan adalah kemauan politik untuk mencapai dan bahkan melampaui tujuan-tujuan MDGs-oleh karena itu, kita sebagai bagian dari ratusan ribu individu yang peduli dari 100 negara, kini bangkit dan berkata dengan lantang:

Kepada para pemimpim dari Negara maju, jadilah pemimpin yang besar. Berusahalah untuk menepati janjimu – berikan penghapusan utang, berikan bantuan kerjasama yang lebih besar, ubahlah peraturan perdagangan yang tidak menolong penghapusan kemiskinan. Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. Lakukanlah!

Kita juga berdiri dihadapan para pemimpin Negara-negara berkembang untuk mengatakan:
Jadilah pemimpin besar. Jadikanlah tugas menyelamatkan nyawa orang miskin sebagai tanggung jawab utama kepemimpinanmu. Kami mendesak Anda memperlihatkan transparansi dan akuntabilitas nyata atas penggunaan setiap uang Negara, atasi masalah ketimpangan, berantaslah korupsi dimulai dari diri Anda. Anda tahu apa yang harus dilakukan. Lakukanlah!

Setiap generasi menghadapi perang di jamannya melawan kejahatan seperti perbudakan dan diskriminasi kulit atau apartheid, yang sepertinya tidak mungkin dikalahkan. Sejarah membuktikannya bahwa kejahatan itu bisa dikalahkan bila ada cukup banyak orang yang bangkit untuk melawan ketidakadilan.

Kita bertekad menciptakan rekor dunia pada hari ini untuk jumlah orang terbanyak yang bangkit bersama, menuntut aksi yang nyata bagi penghapusan kemiskinan – tapi rekor yang sebenarnya ingin kita hancurkan adalah rekor dunia atas pengingkaran janji yang pernah dibuat dan terus mengabaikan si miskin.

(Dapat dimasukkan disini yaitu pesan atau tantangan kemiskinan nyata dan relevan bagi peserta)

kita adalah bagian dari 6 milyar suara di seluruh dunia. Kita menginginkan keadilan sekarang. Tidak ada lagi alasan. Kita tidak akan lagi menerimanya.


Terima kasih.

No comments: