Anak Yang Kukasihi

Anak Yang Kukasihi
Obamaputralaris

Wednesday, September 06, 2006

Klipping Koran Tempo : RAkyat Merdeka Bantah Hina Agama

KORAN 6TEMPO KAMIS, 7 SEPTEMBER 2006
A5
Rakyat Merdeka Bantah Hina Agama

JAKARTA -Teguh Santosa, Re­daktur Eksekutif Rakyat Mer­deka yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan penoda­an agama, membantah pemu­atan karikatur Nabi Muham­mad pada situs berita Rakyat Merdeka online bermaksud untuk menghina Islam.

Teguh mengatakan pemu­atan gambar tersebut justru untuk menggambarkan dan mengabarkan kepada masya­rakat di Indonesia soal peng­hinaan Jylland-Posten, hari­an ternama di Denmark yang pertama kali memuat gambar itu. "Jadi itu hanya demi ke­lengkapan berita, bukan un­tuk melanjutkan penghinaan. Apalagi ikut menghina," kata Teguh membacakan eksepsi (keberatan) atas dakwaan jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kemarin.

Teguh menilai 12 karikatur Nabi Muhammad yang dilom­bakan dan dipublikasikan Jyl­land-Posten memang menghi­na Islam karena menggam­barkan Nabi sebagai teroris.

Karena itu, meski dimuat, gambar itu kemudian diedit oleh Rakya.t Merdeka. Wajah pada karikatur itu ditutup de­ngan warna merah. Ini dilaku­kan karena, sebagai seorang muslim, dia sangat paham bahwa penggambaran wajah Nabi Muhammad adalah per­buatan yang diharamkan.

Anggota Dewan Pers, Leo Batubara, sepakat dengan Te­guh. Menurut dia, seseorang dapat dipidana menghina aga­ma jika berniat buruk meng­ajak orang lain memusuhi atau meninggalkan salah satu agama. "Tapi, jika saya Iihat, Rakyat Merdeka online ini ha­nya bermaksud memberitakan adanya penghinaan agama," kata Leo seusai sidang.

Sahroni, Ketua Tim Advo­kasi Pembela Jurnalistik, yang menjadi pengacara Teguh, menilai dakwaan jaksa tak je­las, tak cermat, dan tak leng­kap. Sebab, kata dia, dakwa­an itu tidak menguraikan per­buatan pidana yang dilaku­kan kliennya.( AGOENC WIJAYA)

No comments: